26 February 2013

*

Memperkenalkan Teori Jurnalistik dalam Fase Ruang

Unit Pers Mahasiswa (UPM) Millenium, STAIN Jember, kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Dalam fase ruang PJTD yang ke-VII kali ini, para peserta diperkenalkan materi jurnalistik dasar. Kegiatan yang diselenggarakan di Kampus STAIN Jember ini, turut melibatkan beberapa wartawan daerah, dosen, maupun Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Jember.  

Dalam fase lapang yang diikuti oleh 15 orang mahasiswa calon anggota magang UPM Millenium ini, penyampaian teori jurnalistik dituamakan pada teknik bernarasi. Seperti yang diungkapkan oleh M. Syarifuddin, Ketua Panitia PJTD VII, “Fokusnya masalah penulisan, terutama masalah hardnews,” ujarnya.

Sedangkan tujuan dari diadakannya kegiatan ini selain sebagai pengenalan materi dasar juga sebagai persyaratan untuk menjadi anggota. “Sebagai persyaratan menjadi anggota millenium. Juga mereka diperkenalkan dengan masalah jurnalistik dasar sebagai acuan mereka dalam berproses di Millenium pada nantinya,” imbuh Syarifuddin.

Banyak hal yang didapatkan oleh para peserta PJTD VII. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta PJTD VII, Khuliatuz Zahro, Mahasiswa Jurusan Dakwah Program Studi KPI 12’, “Materi-materi teknik wawancara, bagaimana caranya mendapatkan info yang sebanyak-banyaknya dari nara sumber. Bisa mengatur redaksi bersama teman-teman, menambah ilmu buat melayout, kemudian fotografi yang paling saya suka,” ungkap Zahro menceritakan seputar apa yang dia dapat dari pelatihan dasar itu.[LJ]
Share on :
 
© Copyright Ideas Online 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all